Mengapa pesan saya tidak di re-tweet?

Banyak pertanyaan seputar pesan yg dikirim ke @lewatmana, salah satunya adalah mengapa pesan saya tidak di retweet secara otomatis oleh @lewatmana.

Secara umum, pesan-pesan yang akan di retweet adalah pesan-pesan yang memenuhi kriteria sebagai berikut:

  1. @lewatmana harus ada di awal pesan

    Pesan yang dikirim ke @lewatmana harus mengikuti format standar yang sudah kami tentukan. Salah satu yang paling penting adalah @lewatmana harus di awal pesan. Jika @lewatmana tidak ditulis di awal pesan, kami tidak akan melakukan retweet pesan tersebut.

    Yang paling sering salah adalah, @lewatmana sudah betul di awal pesan, tapi selanjutnya malah nempel dengan pesan yang akan dikirim.

    Misal: @lewatmana#jkts seputaran semanggi macet. Ini tidak akan kami retweet karena @lewatmana nempel dengan kode kota.

    Selalu pastikan ada spasi antara @lewatmana dengan pesan yang akan dikirim.

  2. Pesan tidak terlalu pendek

    Pesan yang dikirim setelah kami cek, dan dihilangkan bagian yang tidak perlu (seperti @lewatmana yg ada di awal pesan atau myloc.me), jumlah karakternya harus melebihi 20 karakter.

    Kami tidak ingin me retweet pesan yang informasinya kami anggap kurang lengkap. Misal hanya mencantumkan, “jakarta macet!” atau “test” kami tidak akan melakukan retweet terhadap pesan tersebut.

  3. Pesan tidak mengandung kata-kata yang kami blacklist

    Twitter juga tidak terbebas dari aktifitas SPAM, jadi kami membuat semacam filtering sederhana agar pesan-pesan yang tergolong SPAM tidak di retweet yang akhirnya malah mengganggu timeline follower kami.

    Selain itu, kami juga memblacklist kata-kata yang mungkin menjurus ke kata-kata kasar atau terlalu vulgar. Dengan alasan yang sama.

  4. Account twitter Anda tidak kami block

    Ada kalanya semua filter yang sudah kami buat itu tidak bisa mengatasi user-user iseng. Yang mengirim pesan dengan tujuan testing. Atau user yang tidak menyadari kalau ke-iseng-an-nya itu akan di retweet ke 7500 follower @lewatmana.

    Untuk user yang berkali-kali melakukan pelanggaran seperti ini, kami terpaksa melakukan proses blacklist. Tweet berikutnya dari user yang diblacklist tidak akan pernah di retweet lagi.

Diluar itu semua, aturan yang kami terapkan diatas tidak ditujukan untuk mengekang gak boleh ini atau gak boleh itu. Kami hanya ingin pesan yang di retweet betul-betul pesan yang valid, bukan pesan SPAM atau pesan iseng.

Mudah-mudahan postingan ini bisa menjawab pertanyaan, mengapa pesan saya tidak di retweet oleh @lewatmana.

Komentar

Ada 2 komentar untuk post ini.

  • @MsLely
    15 February 2010 5:24 pm

    Ada satu poin lagi yang belum ditambah: Jika account twitter me-lock updates, maka tweet ke @lewatmana tidak akan terbaca, karena account tsb tidak di-follow oleh @lewatmana.

  • LewatMana.com
    15 February 2010 5:26 pm

    @MsLely: Terimakasih sudah mengingatkan. Betul itu juga salah satu alasan mengapa pesan tidak di retweet.

Tinggalkan Komentar Anda